Jumat, 16 Januari 2009

REMAJA BAIK?? SIAPA TAKUT!!

Zaman sekarang remaja sudah tidak lagi bisa terkontrol emosi dan tingkahnya. Oleh karena itu, remaja cenderung menjadikan segala-galanya menjadi maunya sendiri. Sehingga kebanyakan malah salah arti dalam sikap, hal ini pula bisa menciptakan sikap remaja yang bebas yang berujung kenakalan remaja. Bicara tentang kenakalan, sebelumnya apa sih sebenarnya arti nakal??

Nakal?? Em, suatu kata yang mengandung sebuah arti rumit. Mengapa?? Karena, kita tidak bisa menilai apakah seorang remaja itu nakal karena untuk menilai hal seperti itu tergantung orang melihat dari segi mana. Woow!! Rumit juga yah?? Tetapi, arti nakal sesungguhnya menurut saya yaitu, menyimpang dari aturan atau tata krama yang sudah biasa dikenal dilingkungan tempat bernaung.

Remaja?? Siapa sih remaja itu?? Yah, semua orang bisa mengatakan remaja pada dirinya sendiri, walaupun orang itu sudah menjadi ibu, karena itu hak dia. Tapi, bisa dibayangkan jika seorang ibu merasa remaja kembali mungkin orang akan menyangka dia seperti apa. Remaja itu, masa dimana kita mengekspresikan diri sendiri., dan juga masa dimana kita mulai mengenal rasa malu dengan lawan jenis. Masa mulainya pebertas, kata orang sunda sih “BEUGER”. Tapi, yang namanya remaja, belum bisa mengkondisikan dirinya untuk berprinsip, sehingga dalam perakteknya remaja itu masih labil pengaruh yang menjadi ikut-ikutan tanpa bisa membedakan dengan baik mana yang akan diikuti.

Ok!! Jadi, arti dari kenakalan remaja yaitu, suatu sikap yang dipandang buruk oleh orang lain baik buruk untuk dirinya, yang didukung penuh oleh sikap remaja yang masih labil sehingga mudah terbawa derasnya pergaulan yang menyimpang. Factor yang mempengaruhi timbulnya kenakalan remaja diantaranya :

Ø Lingkungan keluarga yang tidak harmonis

Ø Pergaulan tanpa batas mana yang baik dan tidak

Ø Jiwa remaja yang labil

Ø Ekonomi

Jadi, kita harus pintar-pintar membawa diri dalam bergaul, apalagi sekarang zaman globalisasi dunia yang menggila. Adapun contoh kenakalan remaja dan akibatnya :

Ä Tawuran, yang dapat mengakibatkan nama baik sekolah dan keluarga kita rusak, belum lagi jika sampai mengorbankan tubuh kita.

Ä Mabuk-mabukan, akibatnya tidak sadar diri, stres, kecanduan belum lagi merusak tubuh.

Ä Narkotika, akibatnya membuat kita tidak sadar, apalagi kecanduan, merusak sistim syaraf, bahkan menyebabkan kematian, dan dapat pula menyebabkan tindak kriminal untuk mendapatkan uang jika tidak punya uang untuk membeli obat.

Ä Seks bebas, akibatnya HIV AIDS, apalagi jika sampai terjadi derita 9 bulan.

Ä Merokok, akibatnya dapat merusak sistim syaraf dan tubuh, merusak gigi, dan jangan lupa loh!! Merokok juga dapat nengurangi umur.

Ä Serta tindak kriminal lainnya yang dapat menyebabkan hal yang lebih parah.

Wow!! Akibatnya mengerikan sekali yah?? Butuh tantangan besar yang perlu dihadapi dalam kenakalan remaja. Makanya, jangan coba-coba melakukan kenakalan remaja, tanggungannya berat loh. He,,,!!

Jika kita seorang siswa sekolahan, pasti akan ada suatu kinerja yang dapat menggirng kita ke jalan yang benar kembali. Tetapi, semua usaha yang dilakukan pihak sekolah ataupun keluarga tidak akan ada gunanya jika dalam diri kita masing-masing tidak tertanam suatu keinginan untuk menjadi remaja yang sewajarnya tanpa melakukan kenakalan. Yang paling penting yaitu, kita harus pintar-pintar dalam bergaul.

Jadikanlah suatu kenangan dengan menjalani masa remaja yang baik, karena keindahan remaja kita itu akan menjadi sangat berarti dimasa yang akan datang.

AYO SEMANGAT!! REMAJA BAIK?? SIAPA TAKUT??


1 komentar:

Gwe mengatakan...

neng geliesh,namanya remadja baik itu tolok ukurnya g aruz nyank namanya g ngerokoko or the other padahal loe nenk bisa ngwerti n menda;lamin lebih jauh specially a smokkers justru mungkin neng bisa ngejilat lidwah sendiri kaya' aku dulu waktu masih berargumen like u gt,padahal dalam sebatang rokok saya mendapatkan sebuah arti hidup yang lebih berharga n tak pernah sy dapatkan dari ilmu yang laen.selengkapnya coba neng liat all-celbrie.blogspot.com